Perbedaan Antara Teman Dan Sahabat

  
     

Teman dan Sahabat, dua kata yang mempunyai arti secara garis besar yang sama yaitu adalah seseorang yang mempunyai hubungan dengan kita tanpa ikatan darah. Tetapi untuk arti secara mendalam, teman dan Sahabat mempunyai artian yang sangat berbeda. Dalam artikel ini, akan dijelaskan dimana perbedaan antara teman dan Sahabat. kenapa saya ingin membahas perbedaan ini? Karena bagi saya sebagai seorang manusia yang memang memerlukan orang lain dalam kehidupan, membedakan antara teman dan sahabat sangat diperlukan. Hal ini akan membantu saya untuk lebih selektif agar tidak terjadi banyak konflik dalam hubungan sosial yang akan membuat fokus tujuan hidup teralihkan. Selain itu juga memahami perbedaan teman dan sahabat sangat membantu dalam membangun pengendalian diri yang kuat.


Mempunyai seorang sahabat yang sangat mengerti diri saya sepenuhnya adalah salah satu hal yang patut disyukuri, dari pada mempunyai banyak sekali teman tetapi tidak ada satupun rasa saling mengerti. Tetapi bukan berarti seorang teman tidak bisa menjadi seorang sahabat, selama tidak ada yang ditutupi dalam hubungan persahabatan tersebut. Selama ini saya hanya mempunyai beberapa sahabat yang awet sampai belasan tahun, dimulai dari masa sekolah menengah pertama hingga semua menikah dan mempunyai anak tetapi masih selalu berhubungan baik. Seseorang teman bagi saya tidak akan bisa melewati hubungan selama itu jika memang tidak adanya rasa saling membutuhkan satu sama lain, tetapi bukan berarti anda tidak membutuhkan teman. Karena sekali lagi walaupun mempunyai sahabat yang selalu siap menyemangati dan membantu, mereka juga mempunyai kehidupan sendiri yang juga harus kita hormati.


Ada salah satu kisah yang menurut saya sangat lucu akan hubungan persahabatan saya dengan teman semasa sekolah menengah pertama. Pertama kali saya bertemu dan sekelas dengan sang sahabat, saya sama sekali tidak menyukai kepribadiannya yang sangat berbeda dengan pribadi pada diri saya. Sahabat saya seorang yang sangat feminim dan dikelilingi oleh para teman wanita yang istilah kata "ngehits", sedangkan saya adalah pribadi yang tomboi dan lebih memilih hang out dengan teman laki-laki. Setelah beberapa bulan kenal lebih dekat karena mengikuti organisasi OSIS ternyata dia adalah seorang pribadi yang sangat menyenangkan dan akhirnya kami berdua pun menjadi sangat dekat hingga sekarang. Selama ini dia menerima saya yang tomboi dan kekurangan lainnya dan saya juga menerima apapun yang ada pada diri sahabat saya. Setelah mengenal lebih dekat satu sama lain, ternyata sahabat saya ini juga mengakui kalau dia juga kesal dengan tingkah saya. Bagian ini lah yang membuat kami berdua tertawa, karena hanya belum kenal kami saling tidak suka dan kenyataannya kami sudah bersahabat selama 15tahun lamanya. 


Ada banyak sekali perbedaan yang sangat besar antara teman dan sahabat walaupun memang sangat tipis untuk melihat perbedaan tersebut. Nah, ini beberapa hal yang bisa membantu kalian membedakan antara teman dan juga sahabat.


Teman Tidak Bisa Kamu Hitung Jumlahnya, Sedangkan Sahabat Bisa Kamu Hitung.



Maksud dari kalimat tersebut adalah seorang sahabat yang kamu punya tidak sebanyak teman. Karena seorang sahabat adalah orang yang paling mengerti dirimu, sedangkan teman adalah orang yang bisa kamu dapatkan dimana saja tanpa perlu mengenal dirimu terlalu dalam. Dalam hubungan antar teman mungkin hanya sebatas sebagai teman main atau juga hanya sekedar teman makan siang bersama. Tetapi untuk sahabat lebih dalam dari semua hal tersebut, seperti menghabiskan semalam suntuk hanya untuk mencurahkan isi hati atau sekedar menonton drama televisi secara marathon. Dan hal tersebut tidak bisa dilakukan kepada sembarangan orang, karena tentu tidak akan nyaman bukan jika menginap kepada seseorang yang belum mengerti diri anda.


Teman Tidak Selalu Bersamamu, sedangkan Sahabat akan Ada Untukmu.



Ini adalah perbedaan yang paling mudah kamu rasakan, seperti saat kamu sedang dalam mendapat kesedihan karena suatu hal. Teman pasti hanya menenangkan pada saat itu saja, tanpa peduli apakah kamu masih membutuhkan pelukan hangat atau hanya sekedar menemani. Tetapi untuk seorang sahabat, melihat senyummu dia juga akan tersenyum dan jika melihatmu sedih dia akan bersusah membuatmu tertawa. Dan yang pasti adalah seorang tidak akan meninggalkanmu pada saat kamu sedang mengalami dilemma, dan akan terus memberikan semangat hingga kamu bisa tersenyum kembali.

Teman Hanya Menginginkan Sensasi, Sedangkan Sahabat Akan Selalu Memberikan Solusi


Ini juga bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk kamu untuk membedakan antara dengan sahabat. Jika saya bersama seorang teman biasanya mereka hanya basa basi sembari memikirkan bagaimana bisa membuat sensasi yang heboh dan menarik perhatian tanpa peduli apakah saya sedang membutuhkan sebuah jalan keluar untuk permasalahan yang sedang dihadapi, walaupun mereka mendengarkan tentang kegundahan saya. Tetapi seorang sahabat selalu berhasil untuk mendapatkan solusi setelah rela meluangkan waktu untuk saya, dan juga memastikan bahwa saya akan selalu berpikir positif serta tenang.

Teman Hanya Ingin Terlihat Baik, Sedangan Sahabat Hanya Ingin Terlihat Apa Adanya.





Sahabat akan selalu menjadi diri sendiri dan tanpa malu dengan yang ada pada diri mereka, dan saya juga akan menunjukan jati diri yang sebenarnya pada sahabat saya sendiri. Termasuk untuk saling buang angin, bertukar pakaian sampai dengan membuka rahasia yang paling dalam. Tetapi beda dengan seorang teman, mereka akan selalu menunjukan sisi baiknya saja karena mereka tidak ingin membuat penilaian jelek tentang diri mereka. Ada batasan besar dimana saya tidak bisa membuka diri saya sepenuhnya kepada seorang teman, karena ada rasa khawatir karena tidak semua tentang mereka yang saya tahu.

Teman Selalu Memuji Atau Mencoba Menengangkan Tetapi Sahabat Selalu Membully.



Ini mungkin salah satu hal yang paling membuat bingung, pada kenyataannya memang seperti itu lah yang terjadi. Contoh dari pernyataan diatas dan saya mengalaminya sendiri adalah jika saya terjatuh ditempat umum, seorang teman akan dengan wajah khawatir membantu saya berdiri dan bertanya apakah saya baik-baik saja. Sedangkan seorang sahabat akan melakukan hal yang sangat berbeda dengan kondisi situasi yang sama tersebut, mereka akan tertawa dengan kencang dan juga mengolok-olok terlebih dahulu sebelum menolong saya. Ini lah yang menjadi perbedaan nyata antara teman dan sahabat, karena seorang sahabat sangat mengerti diri kita dan apapun yang terjadi semua menjadi kenangan menyenangkan walaupun terkesan menyedihkan. Terkadang hal yang paling memalukan yang dilakukan bersama dengan seorang sahabat akan selalu mendapat kesan tidak terlupakan selamanya, dan akan selalu menjadi bahan obrolan yang tidak membosankan.


Jadi, apakah anda sudah bisa membedakan antara teman dan sahabat? Tetapi sekali lagi pesan dari saya, jangan takut untuk tetap berteman dengan siapapun karena mungkin berawal dari berteman anda akan menuju tahap persahabatan.

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.
Scroll To Top