Dendam Pada Teman Hanya Akan Menimbulkan Kerugian

                 


Manusia sebagai makhluk sosial memang selalu membutuhkan orang lain selama masih hidup, termasuk salah satunya adalah seorang teman. Saat kita mempunyai teman, pasti kita akan melakukan beberapa hal bersama-sama, seperti menjalankan hobi, bermain sampai curhat masalah cinta atau masalah keluarga. Keberadaan teman memang sangat penting keberadaannya, karena terkadang seorang teman yang paling bisa mengerti kita. Tetapi dalam hubungan pertemanan banyak sekali kendala yang dirasakan dalam hubungan tersebut, mungkin perbedaan pendapat bisa menjadi salah satu hal yang mudah dijadikan alasan untuk berpisah. Memang sangat menyakitkan bila kita berpisah dengan teman apalagi kalau teman tersebut sudah banyak membantu dan juga menghabiskan waktu bersama.

Pada saat perbedaan pendapat ini, bisa saja terjadi pertengkaran hebat yang mampu membuat kita menjadi sebal sama teman tersebut atau sampai benci. Terkadang kita sampai ingin membalaskan dendam ke teman kita itu, jika sudah sampai pada tahap ini bisa menjadi hal yang fatal kepada diri kita sendiri. Menyimpan dendam kepada mantan teman sama sekali tidak akan memberikan hal positif, selain kamu tidak bisa fokus akan tujuan hidup yang paling penting juga akan menghambat dirimu untuk berkembang. Saat kamu dendam terhadap teman, otomatis kamu akan membuat temanmu sebagai tolak ukur supaya kamu bisa melebihi temanmu itu. Tujuanmu yang awalnya berteman untuk sama-sama menghadapi semua masalah, akan menjadi tujuan melihat temanmu kalah ataupun frustasi. Mungkin memang saat kamu bisa melihat temanmu susah atau bingung, perasaanmu akan senang karena berhasil membuat temanmu terlihat frustasi. Tetapi ini akan membuatmu lebih merasa bersalah suatu saat nanti, karena pada dasarnya memendam perasaan yang buruk pada seseorang akan otomatis menyakiti diri sendiri. Kenapa bisa menyakiti diri sendiri? Karena kamu akan selalu merasa terbebani disaat temanmu berhasil melampaui kesusahan tersebut. Kamu akan mulai mencari segala cara agar temanmu jatuh, dan sekali lagi ini akan menghambat dirimu untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. 

Perasaan dendam tersebut akan terus bertumpuk jika kamu tidak bisa menghilangkannya, dan akan membuatmu jauh dari impian yang kamu cita-citakan.Pengalaman pribadi yang saya rasakan adalah saat seorang teman mempunyai dendam dengan saya, semua orang ikut membenci saya dan tidak ada lagi yang mau mendekat. Tetapi saya mencoba sabar dan juga tetap fokus, tidak terlalu peduli walaupun menyakitakan. Saat sudah terlalu lama dan saya bisa melewati semua dengan sendiri dan juga teman baru, teman yang punya dendam dengan saya akhirnya meminta maaf. Disini lah saya mengerti kenapa dendam kepada teman hanya menimbulkan kerugian yang besar bagi semua orang. Teman saya yang mempunyai dendam tersebut, merasa mempunyai rasa bersalah yang besar dan juga merasa tersakiti saat saya sudah tidak lagi bersamanya. Karena dia baru bisa merasakan bahwa hanya saya teman terbaiknya walaupun saya bukan teman yang selalu ada untuknya.

Jadi dendam terhadap siapapun tetap akan menimbulkan sifat yang negatif dan juga bisa mengkorupsi pikiran kita sendiri. Rasa dendam ini akan diikuti oleh rasa benci, iri, dan dengki dimana semua rasa ini hanya akan memberikan rasa tidak puas terhadap diri sendiri. Terkadang sifat dendam juga bisa memberikan dampak buruk yang lebih parah lagi, seperti ada kejadian yang sampai masuk berita dimana hanya karena direbut kekasihnya sampai membunuh teman. Ini sama sekali bukan tindakan baik, selain rugi pada dirimu sendiri juga akan merugikan pihak keluarga yang ditinggalkan. Dan juga bisa mendapat hukuman selain dari undang-undang juga hukuman dari para masyarakat yang tahu akan hal ini.

Rasa dendam yang disimpan kepada temanmu juga mampu membuat kamu sendiri tidak bahagia, tidak tenang dan tidak bisa mendapatkan ketentraman. Kenapa bisa seperti itu? Sekali lagi ini dikarenakan oleh semua pikiran negatif yang ada dalam otak dan hati. Disaat pikiran negatif muncul ini lah, kamu tidak akan merasa bahagia yang sepenuhnya. Merasa tidak tenang pun juga akan dirasakan, dimana kamu tidak ingin kalah dari teman yang menjadi musuhmu sekarang. Kamu akan selalu melihat apa yang temanmu dapatkan, dan otomatis kamu tidak menginginkan temanmu itu mendapat apa yang diinginkannya. Rasa dendam juga dengan sendirinya akan membuat anda menjadi lebih tempramen, sehingga anda akan mudah marah dan juga ini bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi. Yang paling fatal saat kamu mempunyai sifat dendam adalah kamu akan jauh dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga akan sangat rawan bagimu untuk jatuh kek kehidupan yang mempunyai jalan yang salah baik secara Agama ataupun secara norma lingkungan yang berlaku.

Sifat sombong pun juga akan menjadi salah satu sifat yang diikuti oleh rasa dendam. Pada saat sifat sombong ini muncul, anda akan selalu mencoba untuk memamerkan apa yang kamu miliki disaat kamu tahu teman yang benci tidak memilikinya. Saat sifat sombong ini sudah keluar, kamu bisa jadi dikucilkan dan juga bisa mendapatkan kebencian dari orang lain. Selain itu sikap tidak peduli terhadap sesama, dan ini akan memberikan image yang tidak sehat. Karena ketidakpedulian ini bisa semakin membuatmu terlihat jelek, pada awalnya memang kamu hanya tidak peduli kepada teman yang kamu benci tetapi perlahan kamu akan menjadi tidak peduli terhadap sesama. Pada saat kamu sudah tidak peduli lagi, kamu akan dikira tidak mempunyai perasaan terhadap sesama.Percaya atau tidak, rasa dendam ini bisa membuat kamu tidak beruntung dan jauh dari keberkahan. Pada saat kamu dendam terhadap teman, kamu akan merasa selalu marah dan juga emosimu tidak stabil dan ini bisa membuatku kehilangan rejeki. Sekali lagi ini karena pada saat mendendam kamu hanya mengurangi kualitas dalam dirimu sendiri. 

Untuk bisa menghilangkan rasa dendam pada teman, kamu harus mulai membenahi diri sendiri. Dengan cara lebih mencintai apa yang ada dalam dirimu, dengan cara ini kamu akan bisa lebih menghargai perasaan orang lain dan akan membuatmu lebih bahagia serta tenang dalam kehidupan sehari-hari tanpa membandingakan hidupmu dengan musuh. Selain itu kamu juga harus bisa melatih pengendalian diri agar rasa dendam pada seorang teman bisa hilang. Ini dikarenakan pada saat pengendalian dirimu sangat baik kamu tidak akan marah atau emosi pada hal apapun yang ada pada temanmu. Mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa menjadi salah satu solusi yang paling tepat bagi kamu untuk menghilangkan rasa dendam  yang ada dalam hatimu.Jadi, janganlah pernah dendam kepada teman karena yang akan kamu dapat hanya kerugian batin yang bisa membuatmu lebih jatuh lagi dan tidak bisa menata masa depan yang kamu inginkan. Kasihilah musuhmu seperti kamu mengasihi keluargamu, karena semua perasaan yang negatif akan selalu kalah dengan sifat mengasihi. Dan juga bisa membuatmu lebih bahagia saat beban tentang benci, iri, dengki dan semua sifat buruk tersebut hilang.

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.
Scroll To Top