17 Cara Mencari Teman Di Sekolah


Cara Mencari Teman Di Sekolah

Tahun ajaran baru beberapa minggu yang lalu baru saja dimulai. Tidak sedikit yang harus menempati kelas baru, guru baru, pelajaran baru atau bahkan sekolah baru. Bagi yang baru saja masuk ke sekolah baru, untuk saat ini biasanya lebih memilih beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang tentu saja berbeda dengan sekolah sebelumnya. Memiliki kakak kelas dan teman-teman yang baru dengan sifat-sifat yang berbeda merupakan hal yang cukup menyenangkan. Namun, sering kali beberapa orang sulit untuk mendapatkan teman di lingkungan barunya. Mereka lebih memilih untuk dihampiri terlebih dahulu daripada harus menghampiri, disapa terlebih dahulu daripada menyapa karena mereka malu atau takut dikatakan sok kenal sok dekat. Tapi dengan begitu, bukankah akan sulit untuk mendapatkan teman jika hanya dengan menunggu? Nah, berikut ini adalah cara-cara agar bisa mendapatkan teman di sekolah:


  • Percaya Diri

Percaya diri adalah hal yang penting dalam membangun sebuah pertemanan jika masih memiliki kadar wajar. Sebelum berangkat, cobalah untuk memastikan segala sesuatunya telah rapi dan menempatkan diri pada titik dimana kalian merasa nyaman dengan diri sendiri. 


  •       Bersikap Ramah.

Cobalah untuk bersikap ramah kepada orang yang baru saja ditemui, tersenyumlah saat disapa atau menyapa orang baru. Jangan menunjukkan wajah yang muram atau terkesan acuh.

  • Menyapa

Jangan ragu untuk menyapa terlebih dahulu atau menawari berjabat tangan. Bila nanti sudah kenal, maka nanti akan lebih akrab bahkan bisa menambah teman baru.

  • Mengingat nama teman yang diajak berkenalan.

Biasaya, teman akan leih senang dipanggil dengan namanya daripada hanya dengan ‘hey’ atau ‘eh kamu’. Terkadang juga ada pula teman yang memiliki panggilan khusus dan ia lebih suka dipanggil dengan panggilan khusus tersebut. Cobalah bertanya dia sering dipanggil apa oleh teman yang lain. Dengan itu, kalian akan lebih akrab satu sama lain.

  •   Ikut Kegiatan Ekstakulikuler.

Mengikuti kegiatan disekolah berarti kamu bisa mengenal seluruh teman yang ada di sekolah mulai dari teman seangkatan ataupun kakak kelas bahkan pembimbing eskul. Jangan takut untuk bersosialisasi dan jangan diam saja karena nanti kalian akan mendapatkan teman baru yang tidak hanya dalam satu lingkup angkatan.

  •   Jadi pendengar yang baik.

Saat mengobrol, sebaiknya jangan terlalu mendominasi bahan obrolan. Biarkan semuanya berkontribusi untuk mengutarakan apa yang akan mereka bicarakan. Biarkan teman lain yang juga berbicara agar kalian juga bisa bertukar informasi satu sama lain karena semuanya juga bukan hanya tentang kamu, tapi tentang kalian. Dengan demikian, makin banyak teman yang akan senang mengobrol denganmu walaupun sekedar mengobrol ringan atau bahkan menceritakan masalahnya.

  •      Banyak Bergabung Dengan Teman

Cobalah untuk bergabung dengan kelompok teman yang berbeda-beda. Dengan begitu kalian dapat memahami karakter-karakter teman kalian dan menentukan bagaimana cara menyikapinya.

  •  Tidak menolak ajakan teman

Tidak menolak ajakan teman disini maksudnya adalah misalkan temanmu mengajak ke kantin cobalah untuk mengiyakan. Walaupun akhirnya kalian tidak membeli apapun, setidaknya kalian tidak membuat teman anda menyesal atau malu karena menolak ajakannya.

  •  Menyediakan waktu luang untuk teman.

Terkadang, beberapa teman di sekolah ada yang mengajak untuk ramai-ramai makan di luar atau sekedar hang out bersama. Nah, cobalah sesekali untuk ikut agar menambah keakraban diantara kalian.

  •   Perluas wawasan.

Sebagai seorang pelajar, kalian harus memperluas pengetahuan dalam berbagai macam hal. Seseorang yang memiliki pengetahuan biasanya akan lebih banyak disukai. Teman-teman baru kalian akan mengandalkan kalian untuk dilibatkan dalam diskusi. Namun usahakan jangan menyombongkan diri karena kalian memiliki wawasan yang lebih banyak. Tetaplah bersikap rendah hati.

  • Pilih saat yang tepat.

Cara Bersosialisasi adalah dengan memperkenalkan diri kepada teman baru dengan cara individual. Aka nada beberap kesempatan ketika kalian ingin memperkenalkan diri atau mulai membicarakan ssuatu pada orang baru. Pilihlah waktu yang tepat untuk membicarakannya. Jangan memulainya ketika teman baru kalian sedang sibuk dan terlihat rumit melakukan sesuatu karena teman baru kalian pasti tidak akan menganggapi perkenalan kalian.

  •   Beri Perhatian Penuh.

Jika ingin mendapatka perhatian orang lain, kalian harus memberikan perhatian yang sama. Perhatikan saat teman kalian berbicara jangan sampai kalian melamun atau malah sibuk dengan kegiatan sendiri. Jika topik pembicaraan membosankan, cobalah untuk mengalihkan ke topik lain secara halus. Atau bila pembicaraan tidak berjalan dengan baik, cobalah untuk memperi pengertian secara halus dan usahakan tidak menyinggung perasaan.

  •  Mencari kesamaan.

Pikirkan sesuatu yang disukai banyak orang dan gunakanlan ide itu sebagai bahan awal obrolan kalian. Ajukanlah beberapa pertanaan terbuka untuk mengetahui minat teman baru kalian.
a.       Tanyakan acara televisi favoritnya atau mungkin genre musik yang ia sukai. Mungkin aka nada kesamaan dan menjadi baghan obrolan.
b.      Berbicaralah tentang media sosial. Bila kalian melihat sesuatu di media sosial, kemungkinan dia juga melihat. Tanyakan apa yang menarik perhatiannya di media sosial dan tanyakan pendapatnya.
  • Tidak pelit untuk membantu.
Terkadang ada teman yang kesusahan mengerjakan sesuatu seperti tugas yang baru saja guru berikan. Bila kalian bisa mengerjakannya, cobalah untuk membantu teman barumu. Ajari dia perlahan-lahan dan jawab pertanyaan yang ia tanyakan. Jika kalian sama-sama tidak mengerti, cobalah untuk mempelajarinya bersama dan pecahkan masalahnya bersama.
  •   Jangan Mengumbar Cerita.
Memperkenalkan diri adalah menceritakan diri kalian secara umum tentu boleh untuk member gambaran bagaimana kalian kepada teman baru mengenai kalian. Akan tetapi, hindarilah berbicara terlalu banyak mengenai dirimu sendiri, itu akan membuat teman barumu menjadi bosan dan kehilangan minat untuk bergaul dengan kalian.
  •  Bertukar Informasi Kontak.
Mesikipun kalian bisa terhubung melalui media sosial, nomor telepon juga penting agar dapat terhubung secara pribadi. Berikan nomor teleponmu sebelum temanmu memberikan nomornya. Setelah kalian memberikan nomor kalian, mintalah ia untuk menelpon atau mengirim pesan agar kalian dapat menyimpan nomornya.
  •   Santai.
Kalian harus bersikap santai dan tidak terburu-buru untuk mendapatkan teman baru. Terkadang, proses perkenalan mendapatkan teman baru memang memakan waktu yang cukup lama. Pertahankan ketenangan kalian dan nikmati prosesnya lalu ikuti arus tanpa disadari kalian sudah mendapatkan teman baru di sekolah.

Pada dasarnya, menjalin pertemanan baru itu cukup mudah asalkan kalian adalah orang yang ramah dan percaya diri dalam keadaan wajar. Jangan pernah takut kalian akan ditolak oleh teman baru. Teman akan datang dengan sendirinya seiring waktu yang berjalan. Tetaplah bersikap baik, jangan menggosipkan teman kalian di belakang, tetaplah setia kawan dan jangan meninggalkan teman lama. Pertahankan keduanya, jika ada masalah selesaikanlah dengan kepala dingin dan jangan mengabaikan teman kalian apalagi tentang masalah ras, budaya bahkan kepercayaan.

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.
Scroll To Top